Review Metamask - Panduan Metamask Terlengkap untuk Pemula

Review Metamask - Panduan Metamask Terlengkap untuk Pemula

Selamat datang kembali di blog personal Adi Gunawan. AdiGunawan.NET adalah media online berbagi pengalaman yang diluncurkan pada bulan desember 2016, yang berkomitmen menyajikan konten berkualitas dan bermanfaat.
Ulasan di blog ini terdiri dari berbagai topik: internet marketing, informasi trading exchange, bitcoin & cryptocurrency, broker forex, bursa saham, afiliasi marketing, bisnis investasi, dan info bisnis online lainnya.

Salah satu cryptocurrency yang sedang hangat diperbincangkan adalah Ethereum. Ethereum akhir - akhir ini diperbincangkan karena terdapat fitur unggulan terbaik yang sangat menarik yaitu adanya fitur smart contract.

Smart contract ini memungkinkan pengguna ethereum untuk membuat sebuah cryptocurrency sendiri yang sering disebut token, nantinya bisa di distribusikan pada user ethereum yang lain atau di perdagangkan di platform trading.

Untuk menerima token, diperlukan sebuah wallet ethereum yang mendukung keberadaan Token ERC20 tersebut. Tidak semua wallet ethereum bisa digunakan untuk menerima token ERC-20. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang salah satu wallet yang bisa digunakan untuk menerima atau mengirim Token ERC-20 Ethereum yaitu Metamask.

Panduan Wallet Metamask Terlengkap untuk Pemula

Panduan Wallet Metamask Terl ion untuk browser yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirim ethereum & token. Metamask ini sangatlah ringan karena hanya berupa addons atau extension dan juga dapat juga dipasang diberbagai browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan Browser lainnya.


Cara Instal Wallet ERC-20 Metamask

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan cara menginstal metamask di browser google chrome. Karena metamask sangat ringan anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja.

Catatan :
Anda bisa menggunakan browser lain seperti mozila atau browser yang menggunakan platform chrome seperti chromodo, dll

1. Buka website Metamask.io
2. Klik Get Chrome Extension. Nanti akan membuka halaman Chrome Webstore
Review Cara Penggunaan Wallet Metamask, Wallet Airdrop Token ERC-20 Terbaik, dan Panduan Wallet Metamask Terlengkap untuk Pemula

3. Setelah itu klik add to chrome dan otomatis akan melakukan checking
Cara withdraw token metamask
Cara mengirim token metamask

4. Setelah checking ada notifikasi penambahan ke chrome klik "Add Extension"
Cara deposit metamask

5. Kemudian akan otomatis mendownload dan memasang extension Metamask
Review Metamask Indonesia

6. Setelah selesai melakukan penginstalan terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat wallet metamask dan mendapatkan alamat Ethereum saat pertama kali menjalankan Metamask.


Cara Membuat Wallet Token & Ethereum di Metamask

1. Dibawah adalah tampilan awal Metamask pada pertama kali menginstal
2. Klik Accept
Cara Membuat Wallet Token Metamask

3. Setelah itu Anda akan dihadapkan pada persetujuan yang sangat panjang sebagai berikut. Klik Accept untuk meyetujuinya.
Wallet Token & Ethereum di Metamask

4.Setelah itu Anda akan diperintahkan untuk membuat password. Pastikan password tersebut mudah diingat tetapi cukup kuat. Jika bisa gunakan kombinasi angka dan huruf juga simbol agar lebih kuat. Kemudian klik "create".
Panduan Wallet Metamask

5. Anda akan dihadapkan pada menu seperti berikut. Pastikan Anda menyimpan 12 kata kunci tersebut karena 12 kata kunci tersebut untuk membuka akun metamask Anda dikemudian hari jika browser Anda reset atau Metamask Anda uninstal.
Panduan Wallet Metamask Terlengkap

Catatan :
Jika Anda kehilangan 12 kata kunci metamask maka sudah dipastikan Anda telah kehilangan akun Metamask Anda juga saldo yang ada didalamnya.


Cara Mengirim Eth/Token ERC20 dari Metamask

Pada panduan di tahap ini saya akan mencoba melakukan pengiriman Token Coinloan (CLT) dari Metamask ke wallet MyEtherWallet (MEW).

Sebelum mengirim token dari Metamask, tentunya anda harus punya saldo sebuah token terlebih dahulu, disini contohnya saya telah mempunyai token CLT. Berikut panduan mengirim eth/token ERC-20 dari metamask ke wallet lain :

1. Menambah daftar token di metamask :
Pada saat membuka metamask di browser google chrome, semua daftar token di metamask akan di reset ulang hingga tidak terdapat daftar token lagi, tapi bukan berarti saldo juga akan di reset, saldo anda akan tetap aman jika memang anda sudah punya saldo di wallet :) Maka dari itu tahap awal yang harus anda lakukan adalah menambah daftar token di metamask, berikut panduan nya :

- Klik ADD TOKEN
Menambah daftar token di metamask

- Selanjutnya klik tab Custom Token, dan Masukkan contract address token anda, dibawah ini sebagai contoh saya menambah contract address Token NDX, lalu klik NEXT
Custom Token metamask

- Jika sebelumnya anda telah punya saldo token yang baru ditambahkan, maka saldo tersebut akan langsung tampil di balance, tetapi jika belum maka saldo yang tampil 0 seperti gambar di bawah.

- Setelah itu klik ADD TOKENS
Panduan Wallet Metamask

- Jika berhasil menambah token di metamask, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Review Metamask

2. Mengirim token dari metamask ke wallet lain
Pada tahap ini adalah tahap utama, yaitu melalukan pengiriman token dari metamask ke wallet lain atau ke akun exchange.

Disini saya akan praktekkan dengan mengirim token CoinLoan (CLT), karna saya memiliki saldo untuk token ini.

- Klik nama token yang ingin anda kirimkan pada daftar token, lali klik SEND :
Mengirim token dari metamask ke wallet lain

- Setelah itu masukkan alamat address tujuan (eth/kompatibel token erc-20)
- Pada amount masukkan jumlah pengiriman
- Pada gas fee metamask biarkan saja default (jika ingin mengirim dengan cepat)
- Lalu setelah itu klik NEXT.

Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Mengirim token dari metamask

- Selanjutnya adalah halaman konfirmasi, jika isi form yang anda masukkan sudah benar, klik CONFIRM
Mengirim token eth dari metamask

- Berikut tampilan jika pengiriman sedang pending dan di proses :
Withdraw token eth dari metamask

- Jika ingin melihat jumlah konfirmasi pengiriman bisa dengan mengklik link external yang menuju ke etherscan seperti gambar berikut : klik View on Etherscan
Deposit token eth dari metamask

- Ini adalah tampilan Etherscan untuk melihat transaksi pengiriman token dari metamask :
Transfer token eth dari metamask

- Jika pengiriman telah berhasil, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini yang menerangkan transaksi di konfirmasi dan saldo token telah masuk ke alamat wallet tujuan :
token eth metamask

Sekian panduan mengirim token dari metamask ke wallet lain, semoga ada manfaatnya, jangan lupa panduan dibawah ini juga terkait dengan metamask, yaitu cara mengirim token ke metamask :


Cara Menerima Eth/Token ERC20 di Metamask

Setelah panduan mengirim token dari metamask diatas, berikut ini cara mengirim token ke metamask
Menerima Eth/Token ERC20 ke Metamask
Untuk menerima eth atau token erc-20 dari manapun atau mengirim token ke akun metamask, anda hanya perlu menggunakan 1 alamat wallet saja, alamat wallet metamask bisa dilihat pada halaman akun metamask, contohnya seperti gambar diatas.

Untuk cara menerima eth/token di metamask tidak bisa saya berikan panduan, karna setiap sumber eth/token berbeda beda cara pengiriman atau transfer nya, misalkan dari exchange indodax, mew, exchange binance, dll.

Tapi pada intinya anda tetap harus menggunakan alamat wallet metamask untuk menerima eth/crypto/token apapun.


Demikianlah artikel singkat Review Penggunaan Metamask, Panduan Mengirim dan Menerima Token dari Wallet Metamask Terlengkap untuk Pemula, dan Review Wallet Airdrop Token ERC-20 Terbaik. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran Anda bisa menyampaikanya di kolom komentar dibawah. 
Tag : transfer / withdraw di metamask, transfer airdrop ke metamask, penggunaan metamask, panduan metamask wallet, transfer token metamask.
Tempat Trading Bitcoin dan Cryptocurrency Terbaik
AdiGunawan.NET) - Rating : 4/5 of 9795 count.
Judul : Review Metamask - Panduan Metamask Terlengkap untuk Pemula
Diskripsi : Review Penggunaan Metamask, Panduan Mengirim dan Menerima Token di Wallet Metamask Terlengkap untuk Pemula, dan Review Wallet Airdrop Token ERC-20 Terbaik
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, Masukkan e-mail Anda disini
Selanjutnya cek e-mail Anda untuk verifikasi.
Tuliskan komentar relevan dibawah ini dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "". Baca artikel lainnya di Daftar Isi

Untuk menghindari spam dan tautan aktif, komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Dapatkan balasan dari Adi Gunawan melalui e-mail Anda :

0 Response to "Review Metamask - Panduan Metamask Terlengkap untuk Pemula"