Review MyEtherWallet - Panduan MEW untuk Pemula dari A sampai Z

Review MyEtherWallet - Panduan MEW untuk Pemula dari A sampai Z

Selamat datang kembali di blog personal Adi Gunawan. AdiGunawan.NET adalah media online berbagi pengalaman yang diluncurkan pada bulan desember 2016, yang berkomitmen menyajikan konten berkualitas dan bermanfaat.
Ulasan di blog ini terdiri dari berbagai topik: internet marketing, informasi trading exchange, bitcoin & cryptocurrency, broker forex, bursa saham, afiliasi marketing, bisnis investasi, dan info bisnis online lainnya.

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat pertumbuhannya. Banyak sekali teknologi teknologi terbaru yang di ciptakan setiap hari. Setiap orang berusaha untuk menciptakan teknologi baru. Mulai dari menciptakan software hardware dan produk produk teknologi lainnya. Akhir akhir ini dunia mulai di hebohkan dengan munculnya teknologi baru yang bernama Cryptocurrency.

Apa itu cryptocurrency?
Cryptocurrency adalah sebuah teknologi yang dapat membuat mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai sistem keamanannya sehingga mata uang yang di hasilkan tidak dapat di palsukan. Ada banyak mata uang digital yang telah tercipta dari teknologi crptocurrency ini beberapa di antaranya BitCoin, Ethereum, Ripple, LiteCoin, Stellar, dll

Dimana tempat menyimpan mata uang digital?
Ada beberapa kategori wallet/dompet crypto saat ini, diantaranya :
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar wallet crypto online, yaitu MyEtherWallet atau sering disebut dengan MEW.

Apa itu MyEtherWallet?

Myetherwallet adalah salah satu wallet ethereum dan token ERC-20 yang paling banyak digunakan, penggunaannya gratis, open source dan kita sebagai user mempunyai kontrol penuh terhadap wallet kita dengan private key, jadi tentu keamanan wallet kita adalah tanggung jawab sendiri.

Apa itu Token ERC-20?

Token ERC20 adalah hasil dari salah satu proyek cryptocurrency yang menggunakan server dari teknologi jaringan blockchain ethereum melalui smart contract.
Selengkapnya baca disini Pemahaman Token ERC 20, Smart Contract dan Airdrop.

Baiklah, untuk anda yang baru mendengar wallet MEW dan ingin menggunakan wallet MEW, silahkan ikuti panduan lengkap wallet MEW di bawah ini.
Panduan Wallet MEW untuk Pemula

Panduan Wallet MEW / MyEtherWallet untuk Pemula

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat wallet MEW, cara mengatur/setting gas wallet MEW, cara mengirim token/eth dari wallet MEW, cara mengirim token/eth ke wallet MEW dan cara menambah token pada list token MEW.

1. Cara Membuat Wallet MEW/MyEtherWallet

- Klik https://www.myetherwallet.com/, bookmark webnya untuk menghindari fake login.

- Kemudian masukkan password untuk mengakses wallet nantinya (buat password dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol).
Wallet MEW untuk Pemula
- Klik "Download keystore file" setelah file di download klik "I understand"
Review MyEtherWallet
- Lalu simpan private key, bisa dicopy dan paste ke notepad atau klik print paper wallet dan simpan dalam bentuk pdf.

- Simpan baik-baik private key wallet MEW anda, jangan pernah memberikan private key pada siapapun, lalu klik "save address".
Panduan Wallet MEW
- Tampilan berikutnya pilih "keystore/json file" lalu klik "select wallet file" kemudian cari file json yang telah didownload tadi dan klik open.
aplikasi myetherwallet android
- Masukkan password dan klik unlock

- Scroll halaman kebawah, yang saya tandai adalah wallet address yang telah dibuat, wallet address inilah yang digunakan untuk menerima dan mengirim eth ataupun token-token erc20.
cara hack myetherwallet

Sampai disini kita sudah memiliki wallet MEW dan wallet address MEW untuk transaksi eth/token.
- bagaimana cara login wallet MEW?
- bagaimana mengirim token di wallet MEW?
- bagaimana menerima token di wallet MEW?
- bagaimana set gas price wallet MEW?
- bagaimana cara menampilkan daftar token di wallet MEW?

Wow!! pertanyaan yang super :v Next, artikel dibawah akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu :)


2. Cara Login Akun Wallet MEW/MyEtherWallet

- Buka https://www.myetherwallet.com/, pastikan anda selalu hati-hati terhadap halaman phising/fake login MEW.

- Pada halaman homepage :
  • pilih menu "Send Ether & Tokens"
  • klik "keystore/Json file"
  • klik "select wallet file"
  • pilih json file yang telah didownload
  • lalu klik open (sama seperti langkah pada saat pembuatan awal address tadi)
Cara Login Wallet MEW
- Setelah itu masukkan password lalu klik unlock.

Tips : untuk mempercepat login sebaiknya selalu gunakan login dengan cara json file diatas, anda hanya upload file json saja dan klik unlock, tanpa harus copy paste private key private key untuk login.


3. Cara Menerima Eth/Token ERC20 di Wallert MEW

Untuk menerima Eth/Token ERC20 anda harus menggunakan wallet address Wallet MEW yang telah dibuat. Semua jenis token erc-20 dapat anda terima menggunakan 1 address, yaitu address wallet MEW.


4. Cara Mengirim Eth/Token ERC20 & Mengatur Set Gas MEW/MyEtherWallet

- Sebelum mengirim ETH/Token pastikan untuk selalu cek gas price yang direkomendasikan dan setting gas price di MEW.

- Untuk mengecek gas price yang direkomendasikan klik https://ethgasstation.info/ lalu cek di bagian recommended gas price.
Cara Mengirim Eth/Token ERC20
- Nilai gas price ini akan selalu berubah-ubah tergantung kepadatan transaksi pada eth chain, semakin tinggi gas semakin cepat proses transaksi dan semakin tinggi biaya fee yang dikeluarkan.

- Contoh kita ambil gas price yang standard sesuai rekomendasi ethgasstation, pada saat tutorial ini ditulis "35" untuk speed transaksi kurang dari 5 menit, lalu set di MEW.
dompet ethereum indonesia

- Setelah set gas MEW barulah kita bisa mengirim ETH/Token erc20 ke address tujuan :
cara buat akun my etherwallet
Keterangan gambar :
  1. Pada field "To Address" isikan address ETH tujuan.
  2. Field "Amount to Send" isi jumlah ETH/Token yang ingin dikirim, lalu klik menu dropdown untuk memilih ETH atau token yang ingin dikirim (kenapa hanya ETH yang muncul? dibawah akan saya jelaskan cara menambah pilihan token di MEW).
  3. "Gas limit" (biarkan default) tapi jika anda mengikuti atau berpartisipasi dalam ICO biasanya akan ada gas limit yang direkomendasikan (jadi rubah nilai default sesuai gas limit yang disarankan penyelenggara ICO).
  4. Klik "Generate transaction" lalu klik send transaction, muncul pop up detail transaksi kemudian klik "Yes, I am sure! Make transaction"
  5. Berikutnya pada bagian bawah akan muncul notifikasi, lalu klik verify transaction, selanjutnya akan terbuka tab baru untuk melihat detail dari transaksi/tx hash.
    cara buat akun ethereum
  6. Contoh detail transaksi tx hash, kecepatan status "success" dan besarnya biaya/fee pengiriman akan tergantung dengan jumlah gas price yang tadi kita set, contoh gambar dibawah adalah transaksi pengiriman ETH dengan menggunakan gas price "4" dan jumlah fee yang dipotong sebesar $0,09)
    cara withdraw myetherwallet


5. Cara Menambah Token di Wallet MEW

Terdapat 2 cara menambah token di wallet MEW saat ingin transaksi token, yaitu :
- Secara otomatis, dimana token tersebut sudah tersedia / sudah terdaftar di list token MEW.
- Secara manual, token tersebut belum terdaftar di list token MEW.

1. Menambah Token ERC20 Secara Otomatis di MEW
Pada bagian sebelumnya di menu pengiriman eth/token, anda mungkin bertanya bagaimana cara saya mengirim token erc20, sementara pada menu dropdown hanya ada pilihan ETH?

Kita harus menambah daftar token erc20 dan memunculkan terlebih dahulu balance dari token erc20 yang telah diterima di MEW, berikut caranya :

- Pada bagian token balances klik "Show all tokens"
fee mew myetherwallet

- Akan muncul daftar dari token-token erc20, kemudian cari ticker dari token yang kita punya.

- Tambahan: Untuk melihat token yang telah masuk ke address kita, bisa di cek di https://etherscan.io/ lalu copy address eth kita kemudian paste di field search (sudut kanan atas), akan muncul tampilan seperti ini.
dompet eth token erc20 terbaik

- Sekarang kita ambil contoh token PCL, cara memunculkan di mew, pada menu token balances klik:
  • "show all tokens" cari PCL di list
  • klik "click to load"
Maka otomatis balance PCL kita akan muncul di MEW dan sudah bisa kita pilih di menu "send token" pada saat pengiriman token di langkah 4 diatas.
myetherwallet android

- Sekarang token pcl sudah muncul di balance dan sudah bisa dilakukan pengiriman token di MEW.
cara withdraw myetherwallet
Ask :
Bagaimana menampilkan token yang saya terima jika token tersebut tidak terdaftar di list default token mew?
Jawabannya dengan menambahkan secara manual contract address dari token tersebut di menu "add custom token", berikut cara menambah token secara manual di MEW :


2. Menambah Token ERC20 Secara Manual di MEW
- Cek token yang telah diterima di https://etherscan.io/, sama seperti cara diatas, copy address wallet MEW anda, lalu paste di sudut kanan atas field pencarian, kemudian muncul tampilan seperti ini.
cara membuat dompet ethereum
- Sekarang kita ambil contoh token EQL, karna EQL tidak ada di list token-token mew (tidak bisa di load otomatis) maka kita harus menambahkan secara manual.

- Klik EQL, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, yang kita butuhkan adalah contract address, token decimals dan ticker dari tokennya (EQL).
myetherwallet private key

- Kemudian kembali ke MEW, di menu token balances klik "add custom token"
cara kirim token dari myetherwallet
- Copy contract address EQL / token lain yang ingin anda tambah ke MEW, yang didapatkan dari etherscan

- Paste ke field “Token Contract Address”, isi ticker (token symbol) dan desimalnya lalu klik save.
eth token set gas price
- Maka secara otomatis balance EQL akan muncul di MEW dan sudah tersedia/terdaftar di menu send tokens.
myetherwallet android

Sekian artikel Review Wallet Ethereum, Wallet Airdrop Token ERC-20 Terbaik, dan Panduan Menggunakan Wallet MEW Terlengkap untuk Pemula, semoga bermanfaat buat anda yang masih bingung dengan penggunaan myetherwallet.

Jika terdapat kesalahan penulisan atau ada yang kurang jelas silahkan berkomentar :)
Tag : cara login mew, kirim token mew, withdraw mew, lupa password mew, pengaturan set gas price mew, mengirim eth/token di myetherwallet, review myetherwallet.
panduan MEW cara deposit myetherwallet cara membuat myetherwallet cara withdraw myetherwallet eth wallet android myetherwallet android erc20 wallet wallet token erc20 terbaik wallet token airdrop terbaik
Tempat Trading Bitcoin dan Cryptocurrency Terbaik
AdiGunawan.NET) - Rating : 4/5 of 9795 count.
Judul : Review MyEtherWallet - Panduan MEW untuk Pemula dari A sampai Z
Diskripsi : Review Wallet Ethereum, Wallet Airdrop Token ERC-20 Terbaik, dan Panduan Wallet MEW Terlengkap untuk Pemula
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, Masukkan e-mail Anda disini
Selanjutnya cek e-mail Anda untuk verifikasi.
Tuliskan komentar relevan dibawah ini dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "". Baca artikel lainnya di Daftar Isi

Untuk menghindari spam dan tautan aktif, komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Dapatkan balasan dari Adi Gunawan melalui e-mail Anda :

0 Response to "Review MyEtherWallet - Panduan MEW untuk Pemula dari A sampai Z"